Sukses

Gigi Geraham Patah dan Tinggal Sedikit

08 Mar 2015, 20:03 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya. Gigi geraham bawah saya salah satunya patah hingga menyisakan sisa gigi sedikit. Tindakan apa yang saya harus lakukan? Terima kasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Kerusakan pada gigi baik karena lubang/karies atau karena patah harus segera dilakukan perawatan guna menghindari terjadi kerusakan yang lebih parah baik pada gigi maupun pada gusi serta tulang pendukung gigi. Pada  kasus Anda dimana gigi telah patah dan menyisakan sedikit jaringan gigi ini cukup sulit penatalaksanaanya jika ingin dipertahankan dalam rongga mulut dan pada kondisi tertentu membutuhkan dokter gigi spesialis konservasi untuk memberikan tindakan. Namun bila keadaan gigi memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi dengan perawatan tertentu maka pilihan terakhirnya adalah tindakan pencabutan. 

Tindakan yang perlu Anda lakukan adalah selain menjaga kebersihan gigi serta rongga mulut Anda maka sebaiknya periksakanlah kondisi gigi tersebut ke dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar