Sukses

Keluhan Batuk Darah

14 Apr 2015, 20:38 WIB
Pria, 25 tahun.

dok saya mau konsultasi, kemarin adik saya filek dan disertai batuk kurang lebih slama 2 hari,tepatnya hari jumat smalam, namun entah kenapa 2 hari setelah sakitnya, pas batuk disertai dengan segumpal darah sekitar 1.5 sendok makan , padahal sebelumnya ini blm pernah terjadi, namun setelah itu dia tidak merasa apa apa dia merasa sehat sepertia biasa. kira kira apa penyebabnya dok? apakah ini penyakit yaang biasa atau cukup berbahaya? karna blm smpat diperiksa kedokter.terimakasih dok..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adakah gejala lain seperti sesak napas, nyeri dada? Apakah adik Anda seorang perokok? Batuk darah dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

  1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)
  2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)
  3. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras
  4. Kanker paru
  5. Edema paru karena adanya masalah pada jantung
  6. Selain itu, batuk darah juga perlu dikonfirmasi apakah berasal dari saluran pernapasan atau merupakan darah dari saluran cerna

Untuk itu, sebaiknya Anda membawa adik Anda ke dokter untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Dokter juga mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen paru dan pemeriksaan darah. Setelah pemeriksaan lengkap, dokter dapat menyimpulkan kondisi kesehatan adik Anda dan mendiskusikan pilihan penanganan yang paling sesuai.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan adik Anda lekas teratasi. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar