Sukses

Gangguan Haid Pasca Berhenti Pil

29 Oct 2015, 23:22 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok lanjut pertanyaan kemarin sebelumny sy tdk pernah kejadian hal sperti ini ap ini penyebabny berhentiny pengguna pil kb kan sy dari pas siap haid sy berhenti kb pil seminggu bersih eh g tauny keluar darah lg ap sy harus periksa lbh lanjut

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Menstruasi yang tidak teratur memang merupakan salah satu efek samping dari pil KB (bisa lebih jarang ataupun lebih sering). Efek samping lain yang juga dapat ditemukan, antara lain:

  • Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi
  • Rasa nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Rasa kembung
  • Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)
  • Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)

Pengembalian kesuburan, dalam hal ini kembalinya menstruasi, setelah penghentian konsumsi pil kontrasepsi ini bervariasi untuk setiap wanita, dalam waktu 3-12 bulan.

Pemilihan metode KB memang sangat individual, karena efek samping yang terjadi dapat berbeda-beda pada masing-masing wanita. Untuk itu, Anda dapat terus mengkonsultasikan hal ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan metode KB yang paling sesuai untuk Anda.

Kami sertakan artikel Keluarga Berencana (KB) untuk informasi lengkap Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar