Sukses

Nyeri Pinggang dan BAB Berdarah saat Mencangkul

08 Mar 2015, 10:52 WIB
Pria, 27 tahun.

1. saya ada masalah Dok dengan pinggang, rasa sakit dan nyeri saya rasakan pada pinggang kurang lebih selama 2 tahun, awalnya saat saya sedang mencangkul di sawah, bagaimana cara mengatasinya dok. 2. sejak tadi siang saya BAB Keras dan berdarah Dok. apa nama penyakit ini dan bagaimana cara mengatasinya..? TERIMA KASIH

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Nyeri Pinggang

Keluhan Anda adalah nyeri pinggang bagian belakang ketika membungkuk. Sejak kapan keluhan tersebut Anda rasakan? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? 

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri rujuk, misal pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Low back pain (LBP) atau sakit punggung/pinggang belakang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Sakit pinggang yang dikeluhkan perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya, untuk itu sebaiknya suami Anda mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto rotgen atau MRI daerah tulang belakang.

Rasa nyeri yang suami Anda alami untuk sementara dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar

  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban

  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras

  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami rekomendasikan beberapa bacaan artikel mengenai nyeri pinggang:

BAB Berdarah

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa BAB berdarah ada dua jenis, yaitu darah berwarna merah dan hitam. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (ulkus gaster/ perlukaan lambung, pecahnya varises esofagus pada sirosis). Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir,).

Apa warna darah pada BAB Anda? Apakah terdapat benjolan pada anus? Jika tidak ada gejala mengganggu seperti yang Anda katakan, kemungkinan BAB berdarah Anda disebabkan oleh wasir.

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena (varises) di daerah anus. Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu.

Gejala wasir meliputi BAB berdarah berwarna merah segar, ada benjolan di anus saat BAB, dan rasa gatal di sekeliling anus. Seorang dengan wasir disarankan untuk memiliki pola makan yang tinggi serat untuk memperlunak konsistensi feses. 

Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare).

Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir. Hipertensi (darah tinggi), obesitas (kegemukan), dan gaya hidup yang malas (tidak aktif) juga merupakan salah satu pencetus terjadinya wasir. Konsumsi alkohol dan kopi dalam jumlah banyak dan sering juga merupakan salah satu faktor pencetus.

Alkohol dapat menyebabkan penyakit hati yang pada akhirnya akan menimbulkan penyumbatan aliran pembuluh darah pada rektum atau anus, sedangkan mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan hipertensi.

Keadaan dehidrasi (kekurangan cairan) dapat juga menjadi faktor penyebab. Dehidrasi dapat menyebabkan tinja yang keras dan kesulitan buang air besar. Kekurangan vitamin E merupakan faktor yang lainnya.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih. (NO)

Salam,

 Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar