Sukses

Pemilihan MPASI untuk Bayi

07 Mar 2015, 20:47 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok ank sy usia 7 bln,bb cm 6,4,ssh mpasi,tp kl sm biskuit krng mau,solusinya gmn dok? Trmksih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) pada anak memang harus dilakukan secara bertahap. Dimulai dari yang paling halus sampai dengan pengenalan makanan padat seperti nasi atau biskuit. Anak mulai diperkenalkan kepada MPASI saat ia menginjak usia 7 bulan setelah melewati periode pemberian ASI eksklusif sampai dengan usia 6 bulan. MPASI yang pertama kali diberikan umumnya disarankan bubur susu serta buah. Apabila anak sudah beradaptasi maka mulailah memperkenalkan nasi tim saring yang dilanjutkan nasi tim yang dihaluskan.

Mungkin Anda bisa mencoba MPASI yang lain, bila bayi Anda menolak suatu jenis MPASI tertentu. Makanan yang diberikan dimulai dari makanan yang lembut dahulu seperti sari buah yang cair atau bubur susu. Makanan pendamping ASI (MPASI) ini  dimulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring.  Nasi tim biasanya terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam.

Ada baiknya biskuit kering haruslah melalui proses penghalusan terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan penambahan air sebelum diberikan pada bayi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar