Sukses

Luka Bekas Jahitan Masih Basah

07 Mar 2015, 21:03 WIB
Pria, 31 tahun.

Mlm dok. Saya mau tanya, saya mengalami kecelakaan di motor. Saya mengalami luka robek dikaki sebelah kiri dibagian mata kaki,yang mana harus dijahit. Setelah 2 minggu lebih, kaki masih bengkak,sering keluar cairan di bagian luka dan untuk luka luar kering sedangkan bagian dalmny masih basah. Ditambah lgi bekas jaitany seperti jebol. Peryanyaanya : 1.Jadi bagaimna penanganannya biar lukany cepet kering dn cepet sembuh. 2.Terus kapan benang jaitany harus dibuka. 3.kenapa dan apa penyebabnya sering keluar nanah diluka dan bengkak Trmkasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas operasi. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka bekas operasi. Kemungkinan utama penyebab terbukanya luka pasca jahitan dan luka yang terlihat basah yang Anda alami adalah hal ini. Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Jenis benang ada yang perlu dilepaskan, ada yang bisa diserap sendiri oleh tubuh. Kapan benang perlu dilepaskan sangat tergantung dengan lokasi penjahitan. Pada lokasi yang sering menerima tension atau tarikan misalnya daerah persendian, biasanya benang diambil setelah menetap cukup lama, misalnya 1 hingga 2 minggu (karena lokasi jahitan di mata kaki). Namun bila ada masalah luka yang basah, maka jahitan harus dibiarkan lebih lama lagi.

Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar