Sukses

Ingin Pasang Implan Gigi

12 Mar 2015, 10:15 WIB
Wanita, 15 tahun.

saya ingin tanya apakah anak seumuran saya bisa dipasang gigi implan / biasa disebut gigi tanam . gigi tetap saya patah pada saat kecelakaan 2009 lalu yang membuat saya menggunakan gigi tiruan . karena saya tidak nyaman saya ingin menggunakan gigi implan . dan apakah biaya bisa di tanggung oleh askes ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Penggunaan dental implant (implan gigi) saat ini sudah semakin meluas, dan telah menjadi salah satu alternatif terbaik dari berbagai macam gigi tiruan. Prinsip dari implan gigi serupa dengan gigi tiruan jenis lain yaitu memperbaiki fungsi pengunyahan. Bedanya, gigi tiruan jenis lain umumnya hanya menggantikan mahkota gigi, sedangkan implan terdiri dari dua bagian yaitu intrastruktur yang tertanam dalam tulang dan berfungsi untuk menggantikan akar gigi dan suprastruktur yang fungsinya menggantikan mahkota gigi.

Sebagai ilustrasi, implan gigi ini dapat dikatakan seperti sekrup yang dipasang di dalam tulang, kemudian bagian atasnya dipasangkan mahkota tiruan. Oleh karena itu implan gigi dapat digunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi. Sekrup tersebut berfungsi untuk menggantikan akar gigi yang menerima beban kunyah dan meneruskannya ke tulang rahang, dan sekaligus mempertahankan ketinggian tulang rahang karena rahang tak bergigi lama kelamaan akan menyusut. Pemasangan implan memang dilakukan pada umur tertentu, karena untuk memasangnya diperlukan jaringan tulang rahang yang sehat dan tidak sedang dalam pertumbuhan, salah satu sumber menyatakan bahwa implan dapat dipasang pada wanita usia 15 tahun dan pada pria diusai 18 tahun. Untuk perawatan implan itu sendiri tidak tercakup dalam pelayanan BPJS yang telah menggantikan pelayanan ASKES.
 
Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar