Sukses

Batuk Kering dan Sakit Kepala

14 Apr 2015, 21:34 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok. saya mau tanya.. ibu saya kepalanya suka sakit disertai batuk batuk kering.. di telinganya juga terasa gatal, badannya juga terasa lelah dan lemas itu penyakit apa ya Dok dan solusinya gimana ya Dok. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan jawabannya Dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo. Sakit kepala yang saat ini ibu Anda alami bisa juga dapat disebabkan batuk yang tidak kunjung sembuh dimana tekanan yang timbul ketika batuk dapat memicu sakit kepala.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Penyebab batuk bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor, seperti obat hipertensi). Apakah ibu Anda juga mengonsumsi obat-obatan tersebut? 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Namun untuk memastikan diagnosis dan bahaya atau tidaknya keluhan ibu Anda, kami sarankan Anda membawa beliau ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Untuk sementara coba konsumsi makanan yang lebih sehat, cukupi konsumsi air putih, dan berjemur di matahari pagi. 

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan ibu Anda lekas teratasi. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar