Sukses

Ensefalitis

13 Mar 2015, 01:31 WIB
Pria, 36 tahun.

Saya didiagnosa encefalitis dok, apakah itu bisa disembuhkan ?

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Terdapat beberapa jenis radang otak (meningitis, ensefalitis, abses otak, meningoensefalitis) dengan berbagai penyebab. Apakah ada riwayat kejang, nyeri kepala hebat, muntah, demam, leher kaku, dsb?

Ensefalitis merupakan infeksi otak yang dapat disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur atau parasit yang menyebar dalam darah ke cairan otak. Infeksi pada otak biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki sistem imunitas rendah. 

Gejala yang dialami oleh penderita ensefalitis dapat sangat bervariasi, tergantung dari tingkat keparahannya. Namun pada umumnya gejala yang dialami dapat berupa demam, sakit kepala, terlihat bingung, kejang, penurunan kesadaran, disorientasi, kerusakan otak, koma dan bahkan dapat menimbulkan kematian. Untuk memastikan diagnosis, setelah melakukan anamnesis (wawancara mengenai keluhan-keluhan yang dialami oleh anak teman anda) dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan neurologis (pemeriksaan saraf) dan pemeriksaan penunjang. Salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan untuk memastikan diagnosis ensefalitis adalah pungsi lumbal, yaitu pengambilan carian serebrospinal (cairan yang melindungi otak dan sumsum tulang) untuk mendeteksi adanya infeksi pada otak dan/atau sumsum tulang, adanya proses peradangan akut/kronik, dan adanya penyakit-penyakit lain yang mungkin menimbulkan keluhan serupa seperti yang dialami oleh anak teman anda. Dengan demikian, setelah didapatkan hasil dari analisis cairan serebrospinal tersebut dokter dapat mengetahui penyebab sebenarnya dari keluhan-keluhan yang dialami oleh anak teman anda.

Setiap tindakan yang dilakukan pasti memiliki risiko. Namun, dengan adanya risiko tersebut bukan berarti tindakan tersebut tidak boleh dilakukan karena manfaat dari tindakan tersebut lebih besar dari kemungkinan timbulnya risiko akibat tindakan tersebut. Demikian pula dengan pungsi lumbal (pengambilan cairan serebrospinal). Pungsi lumbal dapat menimbulkan sakit kepala, kelemahan hingga kelumpuhan anggota gerak, masuknya infeksi baru dari luar, terbentuknya kista dermoid, dll. Namun, tidak setiap pungsi lumbal dapat menimbulkan efek negatif tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar