Sukses

Perawatan Gigi Orthodontik

06 Mar 2015, 10:45 WIB
Pria, 23 tahun.

Dokter, apa itu perawatan gigi Ortodontik? Dan berapa kira-kira biayanya? Terima kasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien saja. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian maka sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan. Perlu atau tidaknya perawatan orthodontik pada seorang pasien sebaiknya didasarkan pada pertimbangan medis yang diambil oleh dokter gigi secara profesional setelah dilakukan pemeriksaan.

Alat orthodontik (yang umum dikenal sebagai behel) ada dua jenis yaitu yang lepasan dan cekat dan dalam penggunaannya bergantung dari kondisi gigi pasien. Alat ortho lepasan dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien, dan hanya dapat digunakan untuk merawat kasus ringan. Sedangkan alat ortho cekat tidak dapat dilepas pasang oleh pasien, biasanya waktu pemasangan lebih lama bergantung pada masing-masing kasus. Penentuan jenis mana yang dipakai bergantung pada pemeriksaan dokter gigi, setelah pemeriksaan hubungan gigi geligi atas dan bawah, pencetakan rahang dan pembuatan model rahang (dari gips) untuk analisa kebutuhan ruang, dan dari pemeriksaan foto rontgen. Foto rontgen yang dibutuhkan ada 2 yaitu panoramik dan cephalometri, untuk melihat apakah ada faktor skeletal (pertumbuhan tulang yang mempengaruhi). 

Perlu kami ingatkan bahwa perawatan orthodontik idealnya dilakukan oleh dokter gigi spesialis orthodontik. Keberhasilan perawatan cukup tinggi, bergantung pada diagnosa dan rencana perawatan. Kerjasama dan kepatuhan yang baik dari pasien untuk datang kontrol sesuai dengan jadwal sangat mempengaruhi keberhasilan perawatan ini.

Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar