Sukses

Gusi Bengkak Saat Hamil

29 Oct 2015, 21:19 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok. Apkh redoxon aman ntuk ibu hamil? Sy sedang hamil 4bln 2minggu,Skrg gusi sy sedang bengkak padahal dr awal hamil sy sdh sngt menjaga kesehatan gigi dan mulut,ad yg bilang gusi bengkak bisa krn kurang kalsium yg diambil oleh janin. Mohon infonya Dok.. Krn dr dokter kandungan saya hnya di beri pereda nyeri Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Gusi yang bermasalah biasa dikaitkan dengan kebersihan rongga mulut yang tidak baik dimana terdapat banyak plak dan karang gigi. Pada ibu hamil hal ini dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi mengiringi kehamilan. Keadaan ini disebut juga gingivitis, kehamilan yang terjadi pada lebih dari 50% wanita hamil dan biasanya timbul antara bulan ke dua dan delapan, biasanya makin parah pada trimester kedua.

Gusi yang sudah bermasalah sebelum masa kehamilan dapat menjadi lebih parah ketika hamil. Kadar hormon pada masa kehamilan membuat gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak. Setelah masa kehamilan dan melahirkan gusi akan menjadi normal kembali, namun bila keluhan menetap sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi.

Mengenai obat yang dapat anda konsumsi sebaiknya semua ada dibawah pengawasan dokter spesialis kandungan Anda. Dan bila keluhan tidak juga berkurang setelah mengkonsumsi obat yang diberikan, sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda. Keluhan ini sebaiknya tidak dianggap sepele atau dibiarkan, karena dapat berlanjut menjadi keadaan yang lebih serius  yaitu berupa penyakit gusi periodontitis. Penyakit periodontitis ini memiliki resiko sebagai penyebab terjadinya kelahiran prematur.

Mengenai informasi lebih lanjut dari obat yang Anda tanyakan, anda dapat menggunakan fitur CARI OBAT pada kolom direktori kami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar