Sukses

Penyebab Sariawan

29 Oct 2015, 21:51 WIB
Pria, 54 tahun.

Sy 3 minggu yg lalu habis diberi minum arak bali, sy perokok berat, setelah minum arak sore harinya tenggorokan sy terasa sakit spt batang lidah sy membengkak, smp saat ini dibawah lidah sebelah kanan ada lubang spt sariawan n ujung sisi lidah kanan spt melepuh, sy udah ke dokter umum(2x) siberi prolic 300 ama obat radang/bengkak tp hasilnya tdk max, trs sy ke internist diber omeprazole 20mg, zinc 20mg, methylpresnisolone 4mg udah sy minum 3 hari tp kelihatannya sariawan ama lidah melepuh blm sembuh betul, ay ingin bertanya penyakit sy itu apa dan hrs berobat kemana?tq.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Stomatitis Aphtous Reccurent atau yang di kalangan awam disebut sariawan adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut.SAR sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting.

Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi.Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal).

Pada kasus yang sedang hingga berat, dapat diberikan salep yang mengandung topikal steroid. Dan pada penderita yang tidak berespon terhadap obat-obatan topikal dapat diberikan obat-obatan sistemik.

Kami anjurkan anda untuk kembali memeriksakan diri kepada dokter apabila setelah diberikan terapi keluhan yang Anda rasakan tidak menunjukkan adanya perbaikan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mencari ada tidaknya penyebab lain yang mendasari keluhan Anda.

Anda dapat membaca informasi lebih lanjut mengenai sariawan dalam artikel yang telah kami sediakan : Sariawan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar