Sukses

Siklus Mens Tidak Teratur vs IUD

07 Mar 2015, 14:44 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya mw tanya,, saat ini sya sedang menggunakan KB IUD,, siklus menstruasi saya 1 mingu berhenti lalu kemudian menstruasi lagi,, jadi bisa dibilang satu bulan menstuasi saya 2 kali.. saya pake Kontrasepsi ini sekitar 5bulan... itu gimana ya dok???saya sudah coba konsultasi ke bidan kok katanya gpp cuma lagi penyesuaian aja gitu,, terimaksih ...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah siklus tidak teratur tersebut dialami setelah penggunaan IUD? Metode kontrasepsi IUD dapat memberikan efek samping berupa peningkatan jumlah darah menstruasi, nyeri, atau perdarahan. Efek samping yang terjadi bervariasi, dan dapat berbeda pada masing-masing individu, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Adapun risiko yang dapat terjadi akibat pemasangan IUD antara lain:

  • Gangguan menstruasi. Dimana terjadi perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, atau nyeri saat haid.

  • Perforasi. Pada 1 dari 1000 wanita, IUD dapat tersangkut di dalam dinding rahim atau menembus dinding rahim. 

  • Ekspulsi. Pada 2 hingga 10 dari 100 IUD terdorong keluar dari rahim dan tersangkut di vagina pada 1 tahun pertama. Hal ini dapat terjadi pada beberapa bulan awal pemasangan, dan risiko ini terjadi bila IUD dimasukkan setelah proses persalinan atau pada wanita yang belum melahirkan.

Untuk itu, perlu diketahui kapankah Anda harus menghubungi Dokter, yaitu bila timbul gejala berikut:

  • Bila Anda mengalami nyeri pada perut atau panggul

  • Bila Anda mengalami perdarahan dari vagina

  • Bila Anda melihat adanya darah pada celana atau pembalut setelah 2 jam atau lebih

  • Bila Anda mengalami tanda-tanda kehamilan

Apabila Anda mengalami keluhan yang memberat, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar