Sukses

Jerawat di Badan dan Lengan

05 Mar 2015, 15:32 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau menanyakan. Badan dan lengan saya ada bentolan sejenis jerawat. itu obatnya apa ya dok ? dan obat jerawat yang baik apa ya dok ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Sebelum menentukan diobati menggunakan apa, harus dipastikan dahulu diagnosisnya. Apakah ini jerawat biasa atau mirip jerawat dan apakah pencetusnya. Jerawat atau dalam dunia medis dikenal sebagai akne adalah peradangan kulit menahun pada kelenjar minyak. Secara garis besar,terdapat 3 jenis akne, yaitu :

  1. Akne vulgaris yaitu perubahan jumlah kelenjar lemak akibat pengaruh faktor penyebab, biasanya terjadi pada remaja karena pengaruh hormon, stres, makanan, cuaca, usia, dll

  2. Akne venenata yaitu terjadi akibat penutupan kelenjar oleh kosmetik, detergen, dll

  3. Akne fisis yaitu akibat penutupan saluran kelenjar lemak akibat sinar matahari, radiasi, dan sinar ultraviolet

Selain itu terdapat pula kelainan yang memiliki gejala mirip dengan akne yaitu erupsi akneiformis, yang disebabkan konsumsi obat tertentu dalam waktu lama ( steroid, ACTH,INH, vit B12, dll).

Malasezia folikulitis, sering memberi keluhan mirip dengan jerawat, namun lokasinya di punggung, dada, dan lengan atas. Terkadang juga terdapat di leher, namun jarang terdapat di muka.  Pembedanya adalah pada penyakit ini memberi keluhan gatal pada tempat kelainan yang biasanya tidak dijumpai pada jerawat biasa atau dalam dunia medis disebut dengan akne vulgaris.

Penyakit ini biasa ditemui di daerah tropis, disebabkan oleh spesies Pityrosporum  yang identik dengan Malasezzia furfur, penyebab panu pada kulit.  Jamur ini merupakan flora normal yang ditemukan di kulit, bila pada seseorang terdapat faktor pencetus yang menyebabkan ketidakseimbangan kehidupan flora normal di kulit, maka spesies ini akan tumbuh secara berlebihan di dalam folikel sebasea (lemak) di kulit.

Faktor pencetus ketidakseimbangan kehidupan flora normal di kulit, adalah:

  • Panas
  • Kelembaban udara
  • Diabetes mellitus
  • Keganasan
  • Pemakaian obat antibiotik yang tidak tepat
  • Pemakaian obat sitostatika
  • Kondisi imunitas rendah (AIDS dan sakit kronis lainnya)
  • Pemakaian bahan berlemak

Pengobatan penyakit ini adalah dengan memberikan obat antijamur.

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit kelamin untuk kepastian diagnosis, penatalaksanaan lebih lanjut dan pencegahan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar