Sukses

Kelelahan bersuara

28 Oct 2015, 22:03 WIB
Pria, 20 tahun.

Salam dok, saya sudah lama mengalami masalah suara yang kadang-kadang pecah (jika menyebutkan bunyi vokal, maka suara yang keluar tidak konsisten) dan juga ketika saya berbicara, saya sering merasa kelelahan dan sakit pada tenggorokan dan kadang-dang terasa seperti ada mengganjal di tenggorokan . Saya bukan seorang perokok dan bukan pada lingkungan keluarga perokok. Apakah apa yang saya alami ini hanya masalah tenggorokan biasa? dan bagaimana agar sya dapat pulih?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keluhan Anda ini sebaiknya diperiksakan secara langsung kepada dokter spesialis THT untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara.

Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau.

Sementara waktu untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan mikrofon dan tidak berteriak.
  • Menghidrasi pita suara dengan minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Selain itu jauhi kafein, alkohol, dan minuman berkarbonasi.
  • Melembapkan tenggorokan dengan menghirup udara hangat, berkumur dengan air garam, atau mengunyah permen pelega tenggorokan.
  • Menghindari obat-obatan yang mengandung dekongestan karena dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering.
  • Menjaga kebersihan mulut seperti menggosok gigi, menyisir gigi dengan benang gigi, dan membilas gigi dengan obat kumur. Cara-cara tersebut, selain mengurangi serak, akan melepaskan bakteri

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar