Sukses

Apakah Sinusitis Kronis Berbahaya?

06 Apr 2015, 11:29 WIB
Wanita, 22 tahun.

Apakah sinusitis kronis berbahaya? Sudah 3 hari ini saya mengalami pegal di pergelangan kaki dan seperti mengantuk karena kedua bola mata seperti ditekan. Tiga hari sebelumnya sempat lumayan stres. Saya pikir mungkin karena pengaruh menstruasi hari ke-4. Terakhir penanganan sinus saya setelah rontgen Waters adalah menyembuhkan pembengkakan dengan Nasonex dan diminta untuk berolahraga. Hasil rontgen sudah membaik tapi kadang masih muncul sakit dan sedikit nyeri di area yang berbeda-beda. Apakah saya harus segera periksa ke dokter? Apakah berbahaya? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:
  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen, dan kesulitan bernapas akibat hidung tersumbat
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Dalam perjalanannya, apabila tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Sehingga gejala yang ditimbulkan pun akan lebih berat sesuai dengan organ yang terkena. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. 

Untuk itu kami anjurkan anda tetap melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter anda, sehingga apabila ditemukan adanya tanda-tanda bahaya, dapat segera diketahui dan ditangani dengan tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar