Sukses

Menikah Satu Marga

05 Mar 2015, 13:32 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat klikdokter, sy mau tanya. Bagaimana untuk mengetes darah antara 2 orang untuk membuktikan 2 org ini sedarah atau ngga? Dikarenakan pada saat akan menikah, baru diketahui bahwa 2 org ini memiliki marga yg sama (etnis tionghua), apa nama test darah nya? Dan apa pula nama test darah utk mengetahui apabila mereka bdua menikah dan jenis darahnya aman utk sang bayi mereka. Trims.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Pernikahan adalah sebuah tahap kehidupan yang penting bagi semua orang. Tidak menutup kemungkinan, pernikahan bisa saja terjadi pada dua orang yang masih memiliki hubungan darah. Berdasarkan ilmu medis, memang pernikahan antara dua orang yang masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat memang memiliki risiko 1.7–2.8% untuk memiliki keturunan yang mengalami kelainan genetik. 

Hal ini disebabkan karena 2 orang yang masih memiliki relasi persaudaraan yang dekat/hubungan darah juga masih memiliki hubungan genetik yang hampir sama sehingga kelebihan dan kekurangannya hampir sama atau sama. Kekurangan yang sama tersebut yang dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada keturunannya.

The Latin American Collaborative Study of Congenital Malformation menemukan bahwa pada perkawinan antara mereka yang memiliki hubungan darah ditemukan keturunan dengan kelainan kongenital (kelainan bawaan) seperti:

Sebuah laporan dari BBC juga menyebutkan bahwa perkawinan antara mereka yang memiliki hubungan darah (secara khusus disebutkan antara sepupu generasi pertama) memiliki kemungkinan 13 kali lebih besar dari pada populasi umum untuk memiliki keturunan yang mengalami kelainan genetik, meninggal pada saat baru lahir atau mengalami cacat yang serius. Risiko ini memang akan turun pada generasi yang lebih bawah, namun tetap lebih tinggi daripada populasi normal.

Untuk menentukan apakah Anda merupakan kerabat atau bukan dapat dilakukan dengan pemeriksaan DNA, namun biaya akan sangat besar. Pernikahan yang sehat harus memperhatikan aspek kesehatan jasmani, psikologis, sosial dan bertujuan membentuk keluarga yang sehat. Sehingga yang lebih penting adalah mengetahui potensi adakah masalah kesehatan yang akan dialami calon anak Anda. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan premarital.

Apa itu Premarital medical check up?

Pemeriksaan premarital adalah pemeriksaan bagi pasangan yang akan segera menikah untuk mendeteksi berbagai kelainan genetik (Thalassemia), dan beberapa penyakit menular. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit ini ke pasangan, dan meneruskan penyakit ini ke calon anak.

Apa tujuan dilakukan pemeriksaan ini?

Pemeriksaan ini dapat menurunkan penyebaran berbagai penyakit seperti Thalasemia, penyakit anemia sickle cell, dan berbagai penyakit menular.Selain itu pemeriksaan ini juga dapat menurunkan beban biaya pada keluarga dan komunitas akibat penyakit  yang mungkin timbul. Pemeriksaan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit pada anak dan menghindari beban keluarga di masa depan.

Apa saja yang akan diperiksa?

Pemeriksaan ini dapat mendeteksi berbagai kelainan darah seperti Thalasemia, dan hemofilia.

Bagaimana jika terdeteksi penyakit tertentu?

Jika dalam pemeriksaan ditemukan penyakit tertentu, maka hal ini akan dikonsultasikan dengan pihak pasangan. Berbagai penyakit dapat dicegah penularannya, misal dengan pengobatan terlebih dahulu pada pasangan yang terkena, atau pemberian vaksin pada pasangan yang belum terkena penyakit. Berbagai kelainan genetik yang ditemukan dapat ditindaklanjuti dengan konseling genetik jika ingin memiliki anak di kemudian hari.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar