Sukses

Anak Sulit Tidur

06 Mar 2015, 09:16 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok anak saya suka tidurnya tengah malam knapa ya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berapa usia anak Anda saat ini?

Setiap manusia memerlukan tidur untuk memulihkan tenaganya. Begitupun dengan anak Anda. Pada anak, tidur diyakini memiliki kontribusi pada perkembangan otak. Namun membuat anak tertidur sendiri memang membutuhkan waktu dan kesabaran.  Anak anda tidak serta-merta lahir dengan disertai pengetahuan mengenai cara tidur yang benar. Tidur adalah kemampuan yang perlu dipelajari dan memerlukan bantuan untuk dikuasai oleh anak anda.

Saat lahir, anak masih bingung antara siang dan malam. Oleh karena itu akan lebih baik untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik lebih awal. Cara terbaik yang dapat diajarkan orangtua adalah dengan menjadikan suasana senang dan gembira selama siang hari, dan membuatnya tenang bahkan membosankan pada malam hari.

Pada anak berusia 8 bulan, jam tidur anak pada umumnya berkisar antara 10-12 jam. Secara kuantitas, jam tidur anak anda saat ini dapat dikatakan cukup. Kemudian anda mengatakan bahwa anak anda menjadi lebih sensitif terhadap suara yang akan membuatnya terbangun. Sangat wajar bila anak anda merasa gelisah, namun jangan terburu-buru menenangkannya. Anak yang terbiasa tidur dalam suasana yang sangat tenang akan kehilangan kemampuan alaminya untuk tidur dalam suasana kesibukan rumah tangga normal. Bila dibiarkan anak biasanya akan tenang dan kembali tidur.

Untuk mencari solusi sulit tidur dari anak Anda, maka sangat penting untuk mencari penyebab mengapa anak Anda tidak bisa tidur. Beberapa faktor penyebab gangguan tidur adalah faktor predisposisi psikologis dan biologis, dan pada dewasa adalah penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisik tertentu dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat  sehingga membuat kondisi fisik senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari. Bila ditemukan kondisi medis atau penyakit yang mendasari, tentunya diperlukan terapi tertentu. Namun bila kemungkinan tersebut sudah dapat disingkirkan, terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk anak Anda :

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, narkotik, dsb.
  3. Cobalah mengatur pola tidur teratur
  4. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
  5. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.
  6. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb.
  7. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.
  8. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.
  9. Relaksasi
  10. Buat diri serileks mungkin
  11. Berpikir positif.
  12. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya
  13. Berdoalah sebelum tidur.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan sudah dapat mengatasi gangguan tidur anak Anda. Apakah terdapat persoalan tertentu yang membuat anak Anda sulit tidur? Bila iya, ada baiknya Anda mencari pertolongan ke Psikolog atau Psikater untuk menemukan solusi permasalahan yang anak Anda hadapi.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat bermanfaat bagi Anda:

Tidur di Ruangan Gelap Lebih Dianjurkan

Rokok, Alkohol & Kafein Penyebab Susah Tidur

Manfaat Asparagus Bagi Penderita Insomnia

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar