Sukses

Keputihan Sebelum dan Sesudah Haid
04 Mar 2015, 12:40 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya belum menikah tapi di vagina saya setiap hari selalu mengeluarkan cairan putih kdang kental kadang sdikit cair seperti keputihan tapi tidak bau/gatal. cairan itu akan bertambah banyak kalau menjelang haid atau sesudahnya. Apakah itu normal ya dok, untuk gadis perawan. Oh ya, sebentar lagi saya menikah, ketika saya membicarakan tentang sex education, miss V saya mengeluarkan banyak cairan. apakah itu yang dinamakan pelumas efek rangsangan...? normalkah kalau cairan karena rangsangan itu keluar terlalu cepat yang membuat mis V saya begitu basah....? saya takut setelah menikah nanti, pasangan menjadi tidak nyaman karena cairan yang terlalu cepat keluat membasahi mis V saya. Mohon bantuan Dokter, untuk mengatasi masalah saya. Terima Kasih Dokter.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, nyeri dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Keluhan yang Anda rasakan menunjukkan keputihan yang Anda alami dalam batas normal.  Pengeluaran cairan pelumas karena rangsangan seksual merupakan hal yang normal terjadi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar