Sukses

Radang Kelenjar Ludah

13 Mar 2015, 12:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

saya mempunyai bejolan di kanan dan kiri leher saya sdh 1thn ini. sy biopsi dan hasilnya radang kelenjar ludah kronis. tepatnya pd submandibular. apakah perlu operasi? atau ada cara pengobatan lain?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar Parotis adalah salah satu kelenjar ludah yang utama yang terletak di sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Jika terjadi pembengkakan, telinga akan terdorong ke atas. Hal ini yang membedakan pembengkakan kelenjar parotis dari pembengkakan kelenjar limfe yang berada pada daerah yang sama. 

Penyebab pembengkakan kelenjar parotis yang sering terjadi adalah karena peradangan kelenjar parotis yang disebut dengan parotitis atau gondongan. Lebih sering terjadi pada anak-anak, bila menyerang orang dewasa maka gejalanya dapat lebih berat daripada jika terjadi pada anak-anak. Parotitis merupakan suatu penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh infeksi virus (Paramyxovirus) ataupun infeksi bakteri (S.aureus, dll).

Parotitis dapat ditularkan melalui percikan ludah penderita yang berasal dari bersin, batuk, bahan muntahan atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi ludah penderita. Untuk mencegah penularan adalah dengan membatasi kontak, penggunaan barang bersama dengan  penderita parotitis dan dengan mencuci tangan.

Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan hanya ditujukan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang dirasakan. Biasa diberikan analgetik, antiradang, antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri.

Anda dapat mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik dan juga penanganan yang tepat. Untuk informasi lengkap Anda dapat mengunjungi artikel kami mengenai Parotitis

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar