Sukses

Tangan Gemetar Bila Berbicara di Depan Umum

04 Mar 2015, 13:17 WIB
Pria, 25 tahun.

selamat pagi saya mau tanya dok, setiap saya mau pidato atau ngomong di depan umum itu tangan saya jadi gemetar apakah itu termasuk dalam tremor, akan tetapi kalau lagi ngmong di depan teman itu nggk gemetar,,?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan dan keresahan yang Anda rasakan. Proses diagnosis membutuhkan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Perlu diketahui, sejak kapan Anda mengeluhkan tangan gemetar? Adakah pemicu munculnya keluhan tersebut seperti panik, stres ataupun kegiatan tertentu? Adakah gejala lain yang dirasakan? apakah gemetar terjadi di seluruh tangan dan lengan atau hanya bagian tertentu?

Keluhan tangan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal. Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, dan banyak lagi.
  2. Kelainan psikis seperti gugup, stres.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda. 

Grogi atau Nervous atau Gugup sendiri tidak dianggap sebagai masalah serius. Banyak orang mengalami gugup pada berbagai kondisi, bahkan pada penyebab kegugupan yang irasional. Mengalami gugup adalah bagian dari menjadi manusia, dan bukan hal yang berbahaya.

Tapi ketika gugup yang berlebihan, menetap, dan berdampak pada kehidupan pribadi, atau disertai oleh gejala fisik yang berat, saat itulah Anda mungkin membutuhkan pertolongan.

Berikut ini adalah 5 Cara untuk Berhenti Gugup

1. Olahraga

Cara yang paling penting untuk mengurangi kegugupan adalah dengan olahraga. Olahraga bukan hanya sekedar sesuatu yang Anda lakukan untuk kebugaran fisiksaja. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengurangi kegugupan karena saat berolahraga dapat meningkatkan produksi neurotransmitter yan mempunya efek relaksan (membuat Anda lebih santai) sekaligus membakar hormon yang disebabkan oleh stres dan menyebabkan otot-otot lelah sehingga gejala kecemasan akan berkurang.

2. Desensitisasi

Jika Anda gugup ketika Anda berbicara dengan lawan jenis, Anda dapat mencoba desensitisasi. Desensitisasi adalah tindakan mengurangi jumlah kegugupan yang Anda alami menghadapi penyebab itu sendiri secara perlahan sampai hal yang membuat Anda gugup tersebut tidak lagi menyebabkan kecemasan.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin berbicara dengan seorang wanita, Anda dapat memerangi ketakutan Anda dengan:

  • Terbiasa dengan Malu- Pergilah ke tempat umum dan lakukan sesuatu memalukan dengan sengaja, seperti memberi buah kepada orang asing tanpa alasan. Anda akan malu, tapi akhirnya Anda akan terbiasa dengan hal itu dan tidak lagi mengganggap itu sebagai hal yang menakutkan.

  • Terbiasa dengan Penolakan - Anda mungkin tidak menyukai cara ini, tetapi Anda dapat mencoba bepergian ke suatu tempat yang jarang Anda kunjungi dan sengaja mengajak berbicara orang yang tidak Anda kenal dan tahu akan menolak Anda, baik karena Anda berpakaian konyol atau mereka dari kelompok usia yang sama sekali berbeda dengan Anda, dll

  • Terbiasa dengan Proses - Anda juga dapat mencoba berbicara dengan orang lain tanpa ada tujuan. Berikan nama palsu atau nomor telpon palsu, berbicara mengenai cerita palsu. Tidak ada tujjuan apapun dari percakapan itu, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan hasilnya.

Contoh ini mungkin tidak berhubungan untuk situasi Anda, namun teknik ini bekerja untuk semua jenis kegugupan, asalkan Anda dapat menentukan penyebab dan pemicu kegugupan Anda. Psikolog menggunakan jenis teknik pada kecemasan.

3. Menulis jurnal

Kegugupan yang irasional atau pikiran yang menyebabkan Anda gugup mungkin tidak dapat lepas dari pikiran Anda. Semakin Anda mencoba untuk melupakannya, semakin sulit hal itu dilupakan.

Cobalah untuk menerimanya, dan menuangkannya dalam suatu kertas dalam bentuk tulisan. Otak Anda akan belajar bahwa tidak perlu untuk fokus pada pikiran itu lagi karena Anda sudah menuliskannya di tempat yang permanen.

4. Tidur

Kurang tidur mungkin tidak tampak seperti masalah kecemasan, tetapi memiliki efek mendalam pada gugup. Bahkan,kurang tidur benar-benar dapat menyebabkan gejala fisik dan mental yang signifikan yang dapat menyebabkan kegelisahan yang mendalam dan stres. Sudah terbukti bahwa waktu tidur malam yang kurang dapat meningkatkan kecemasan.

Ingat, kecemasan dan stres benar-benar mengubah proses berpikir. Jadi, ketika Anda gugup karena Anda kurang tidur, Anda mungkin tidak tahu bahwa kegugupan Anda tidak wajar. Cobalah memastikan bahwa Anda mendapatkan lebih banyak tidur dan melihat apakah istirahat malam penuh untuk beberapa malam berturut-turut mengurangi dapat kegugupan Anda.

5. Cari Kesibukan Lain
Gugup juga sesuatu yang cenderung berkembang dari waktu ke waktu. Sayangnya, banyak orang tidak sadar memberikan waktu kegugupan mereka untuk tumbuh, karena mereka membiarkan stres meyakinkan mereka bahwa mereka membutuhkan "waktu sendirian untuk pikiran mereka."

Pikiran Anda adalah musuh Anda ketika Anda sering gugup. Anda harus memastikan bahwa Anda tidak membiarkan diri Anda diambil alih oleh pikiran-pikiran ini. Belajarlah untuk mengontrol Gugup Anda.

Cara-cara diatas ditujukan agar Anda dapat menghadapi penyebab gugup Anda. Namun, mencoba mengerti lebih jauh mengenai kegugupan dan mencari jalan keluar untuk lebih santai merupakan hal yang lebih penting.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar