Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan

04 Mar 2015, 13:50 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat Pagi Bapak/Ibu Dokter Mohon Bantuan solusinya. Istri saya, telah melahirkan anak yang ke-2 pada tanggal 16 Juli 2014, setelah melahirkan haidnya tidak teratur, terkadang 2 minggu sudah haid, terkadang 1 minggu sudah haid,.. terus kemudian, hingga saat ini tidak pernah haid lagi hingga 4 bulan,... Saat ini istri saya masih memberikan ASI Eksklusif. kami sudah cek kehamilan hasilnya negatif... Mohon solusinya.. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir Anda. Selamat atas kelahiran anak ke-2 Anda. Pada ibu yang menyusui ASI ekslusif, belum menstruasi kembali setelah melahirkan wajar terjadi karena perubahan hormonal di tubuh ibu yang menyusui. Hormon prolaktin akan menekan estrogen dan menghambat terjadinya menstruasi pada ibu menyusui.

Karena itulah maka menyusui atau pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu metode kontrasepsi alami. Siklus menstruasi akan kembali normal 6 bulan - 2 tahun setelah melahirkan atau setelah perlahan-lahan ASI sudah mulai dikurangi. 

Namun jika menstruasi belum muncul kembali dan istri Anda tidak sedang dalam keadaan menyusui, perlu kiranya istri Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar