Sukses

Solusi Agar Anak Rajin Belajar

28 Oct 2015, 15:14 WIB
Pria, 49 tahun.

Dokter saya punya anak, yang pertama laki laki (29 Des 2000) dan yang kedua perempuan (27 Jan 2003). Anak pertama sekarang klas 3 SMP dan anak ke dua, klas 6 SD. Anak saya yang pertama memang minta ampun kalau di suruh baca selalu bilang ngga mau, padahal mau ujian. Saya khawatir kalau nanti sulit di dalam mengerjakan soal krn malas membaca/belajar. Anak ke dua mau belajar tp kalau habis dimarahi orang tua. Dokter benarkah kata orang dengan mengkonsumsi ZINK dpt menumbuhkan gairah belajar ? mohon keterangan biar anak saya mau belajar !

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kebiasaan rajin memang belajar harus dipupuk sejak dini. Pada dasarnya, anak akan lebih suka bermain daripada belajar. Namun, bukan berarti anak harus dilarang untuk bermain dan dipaksa belajar. Disinilah peran penting orangtua dalam membimbing anak yang belum sepenuhnya mengerti dan dapat membagi waktu untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Karena begitu mereka terbiasa, ketika besar, akan mudah untuk melakukannya.

Tentunya, dengan memaksa mereka tidak akan berhasil. Cara paksaan malah membuat mereka antipati. Akibatnya, mereka akan malas belajar. Berikut beberapa saran untuk membiasakan anak mau belajar:

  1. Buat Belajar Nyaman
    Proses belajar tidak harus dalam suasana sepi. Anda bisa menyalakan musik untuk membuat suasana belajar nyaman untuk mereka. Pilih musik yang pelan dan tenang. Beberapa orang menyarankan jangan menyetel musik dengan banyak lirik. Ini hanya akan membuat mereka teralihkan.

  2. Batasi TV dan Internet
    Sehari cukup 2 jam saja untuk mereka melihat TV atau Internet. Gantikan dengan membaca atau bermain bersama Anda. Dengan begini, otak mereka akan berkembang lebih cepat daripada nonton TV atau main Internet.

  3. Pilihlah Mainan yang Dapat Menstimulasi Otak Anak
    Anak jaman sekarang terbiasa main game di gadget. Tapi pilih mainan yang bisa mengembang daya pikir mereka. Disarankan untuk memilih game tentang puzzle, bangun ruang, atau interactive books. Anak bisa belajar dan bermain secara bersamaan.

  4. Istirahat yang Cukup
    Pastikan anak mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Jangan ganggu mereka tidur kalau tidak ada hal yang penting. Istirahat yang cukup akan menambah konsentrasi dan fokus belajar.

  5. Beri Makanan yang Sehat
    Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan amat penting untuk pertumbuhan otak anak. Sayur bayam dan buah alpukat tinggi asam folat yang bagus untuk membantu perkembangan otak. Keduanya juga tinggi zat besi dan energi agar anak tidak mudah lelah.

Kebutuhan nutrisi tersebut umumnya dapat terpenuhi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, Jika anak ada masalah dengan nafsu makan atau sangat pemilih dalam mengkonsumsi makanan, ada baiknya diberikan multivitamin bagus untuk menbantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.Pilihlah multivitamin yang terbuat dari bahan alami dan herbal. Jika anda mengalami kesulitan dalam memilih multivitamin, diskusikanlah dengan dokter spesialis Anak anda, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anak anda.

Gairah belajar tentunya tumbuh atas kemauan Anak sendiri. Tidak ada vitamin atau suplemen khusus yang ketika dikonsumsi akan membuat anak langsung semangat untuk belajar.

Kami sertakan juga artikel terkait pertanyaan Anda, berikut ini;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar