Sukses

Mengatasi Efek Samping Obat TB

07 Jun 2015, 21:59 WIB
Pria, 31 tahun.

selamat malam dok begini ibu saya terdiagnosis terkena penyakit TB terbukti banyak cairan di paru-parunya dan sudah diambil cairan tersebut hingga tuntas sejak dua minggu kemarin dan setelah itu menjalani terapi pengobatan dengan obat anti TB nah selama dua minggu pengobatan dengan obat anti TB ibu saya merasa tersiksa dok karena selalu mual dan nafsu makan berkurang makan cuma dua tiga sendok sedikit2 karena mual sampai saya merasa kasihan sudah coba konsultasi ke dokter tapi kata dokternya gak apa2 harus diminum rutin sesuai resep sempat diberi resep obat anti mual tapi kata dokter tsb kalau tetap mual sebaiknya jangan diminum obat anti mualnya dan tetap minum obat anti TB selama 6 bulan dan setelah minum obat anti mual yang diberikan dokter, ibu saya malah tambah lemas tidak bisa bangun dari tempat tidur sehingga obat anti mual tidak diminum namun sampai sekrarang sudah dua minggu rasa mual masih tetap dialami ibu saya sampai ibu saya mengeluh dan hilang nafsu makan Saya kasihan melihat beliau sampai badannya kurus saya ingin bertanya sampai berapa lama maksimal rasa mual tersebut dialami ibu saya ? apakah selama 6 bulan ibu saya tetap mual ? adakah obat anti mual yang aman untuk ibu saya ? mohon jawaban dan saran-saran dari dokter terima kasih sebelumnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Obat-obat tuberkulosis (TB), terutama Rifampicin memang dapat menimblkan keluhan di saluran cerna seperti mual atau minumlah obat pada malam hari sebelum tidur. Untuk mencegahnya, konsumsilah obat TB sesudah makan. Jika keluhan dirasakan mengganggu, tambahkan obat-obatan untuk lambung golongan PPI seperti omeprazol atau pantoprazol. Jika keluhan tidak juga membaik sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar