Sukses

Kadar Gamma GT Meningkat

04 Mar 2015, 11:04 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya penderita hipokalemi dan liver, SGOT, SGPT normal, gama gt masih tinggi 318, Dan apa yg harus lakukan dan apa pantangan nya? Terima kasih klik.dokter

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kadar Gamma GT meningkat tinggi umumnya pada gangguan liver, terutama yang disebabkan oleh penyumbatan saluran empedu. Apakah Anda sudah memeriksakan penyebab peningkatan gamma GT ini? Kami sarankan agar Anda mendatangi dokter spesialis penyakit dalam untuk berkonsultasi lebih lanjut, agar dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG abdomen untuk mencari penyebabnya.

Sementara itu, Anda dapat melakukan diet yang sehat bagi hati, yaitu :

1. Karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang

2. Kurangi makanan yang berlemak, seperti minyak, mentega, susu dengan tinggi lemak.  Kurangi makanan yang digoreng, perbanyak makanan yang direbus.

3. Kurangi makanan dengan protein tinggi, misalnya daging,kacang-kacangan,  hanya maksimal 1 gr/kilogram berat badan protein dalam sehari. Ini tidak termasuk protein yang terdapat dalam sayuran. Daging dan ayam dapat digantikan dengan ikan. 

4. Kurangi jumlah konsumsi garam < 1500 miligram dalam sehari.  

5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta konsumsi vitamin B complex, vitamin A (makanan hati ayam, wortel), vitamin C (jeruk, lemon), vitamin E (brokoli, mangga)

6. Tidak boleh mengkonsumsi alkohol

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar