Sukses

Hubungan Intim Penderita Hepatitis B

28 Oct 2015, 16:28 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok mau tanya, saya kan positif hepatitis B. Dalam waktu dekat saya akan menikah dan calon istri sudah selesai melakukan vaksi apakah nanti saat berhubungan (tanpa pengaman) bisa tertular? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bila anda dinyatakan positif hepatitis B maka yang perlu diperiksa adalah apakah hepatitis B yang Anda derita masih menularkan ke orang lain atau tidak. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu melakukan pemeriksaan HBeAg dan Anti HBe. Apabila hasil yang didapat seperti ini :

  • HBe Ag reactive/ positif dan Anti HBe non reaktiv/negatif artinya Hepatitis B masih infeksius
  • HBe Ag non reactive/negatif dan anti HBe reaktiv/positif artinya Menderita Hepatitis B tapi sudah tidak menular lagi, disebut dengan Hepatitis B carrier  (kejadian <10%)

Yang diperlukan pada pasien carrier tanpa gejala adalah follow-up atau kunjungan ke dokter secara reguler untuk memastikan fase yang terjadi dan perlu tidaknya terapi. Sedangkan pada penderita yang masih infeksius, disarankan untuk menunda hubungan intim dahulu.

Kemudian perlu juga dipastikan status imun pasangan Anda. Jika pasangan Anda sudah melakukan vaksinasi hepatitis B, maka pasangan Anda memiliki kekebalan terhadap virus hepatitis B. Perlu dipastikan apakah vaksinasi sudah lengkap (minimal 3x suntik) dan diperlukan pemeriksaan Anti-Hbs untuk memastikan apakahpasangan Anda sudah benar-benar memiliki kekebalan terhadap hepatitis B. Jika iya, maka Anda dapat berhubungan dengan pasangan tanpa kondom.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar