Sukses

Temulawak Untuk Penyakit Liver

28 Oct 2015, 16:33 WIB
Wanita, 47 tahun.

Dok saya mau tanya, temulawak yg bisa mengobati lever itu, klo ada endapan dari temulawak itu bolehkah diminum juga endapannya ? atau airnya saja yg diminum & endapannya dibuang ? tolong dijawab ya dok....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Temulawak (curcuma javanica) atau populer dengan sebutan curcuma merupakan tanaman obat asli Indonesia yang sejak zaman nenek moyang sudah dikenal memiliki banyak khasiat kesehatan. Beberapa penelitian telah menunjukan khasiat temulawak dalam menurunkan kadar SGOT dan SGPT (enzim penanda kerusakan hati), baik pada penderita hepatitis maupun non hepatitis.  

Anda boleh saja mengkonsumsi minuman tradisional temulawak yang tidak mengandung bahan pengawet atau tambahan zat berbahaya apapun, dan pilihlah air sarinya sedangkan sisa endapan dibuang. Namun yang terpenting adalah  lakukan kontrol teratur kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengevaluasi kondisi terkini dari penyakit Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar