Sukses

Hubungan Seksual Pasca Kuretase

03 Mar 2015, 14:09 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat siang dokter, mohon penjelasan dokter, saya baru saja menjalani curetage saat uk 8 minggu karena perdarahan, yg ingin saya tanyakan berapa waktu yg aman untuk memulai hubungan seks dgn suami..? Dan karena saya akan merencanakan kehamilan berikutnya, kira2 berapa bulan yg pas untuk itu..? Apabila seandainya saya langsung hamil lagi (semoga) apakah aman bagi janin dan rahim saya..? Terima kasih atas penjelasan dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tindakan kuret tidak memberikan dampak pada tingkat kesuburan. Hal yang terpenting perlu dicermati adalah siklus menstruasi yang ada. Berhubungan intim pasca kuretase boleh saja asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal.Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi.

Tiga bulan setelah pembersihan rahim (kuretase) sudah cukup untuk memulai program hamil lagi. Oleh karena itu dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. Anda dan suami boleh melakukan hubungan seksual sebelum 3 bulan tersebut, tetapi disarankan menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari terjadinya kehamilan saat kondisi dinding rahim belum siap. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar