Sukses

Rhinitis Alergi dan Dispepsia

28 Oct 2015, 20:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

Asslm dok..baru2 ini sy pilek, dan 2 minggu belakangan ini klo sy bangun subuh sy batuk tdk mau berhenti, dan klo dah paagi rasa mual dan mau muntah.. sy berhenti KB suntik bulan 12.. apakah z sanusitis, atau hormon yg blum stabil dari pengaruh KB atau ada gejala gagal ginjal dok? Sy sgt bingung.. terima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Batuk Pilek dipagi hari dapat disebabkan oleh adanya alergi (curiga alergi dingin). Penyakit yang terkait dengan gejala ini adalah rhinitis Alergi.

Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi). Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Namun, ini masih dugaan. Sebaiknya untuk memastikan, anda perlu memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT.

Sedangkan gejala mual dan muntah dipagi hari dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung atau disebut sindroma dispepsia. Apakah Anda mempunyai riwayat penyakit Magg/gastritis? Jika ya, Kami sarankan Anda harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Jika keluhan dirasakan semakin menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar