Sukses

Pekerja Kasar Perlu Olahraga?

28 Oct 2015, 20:40 WIB
Pria, 19 tahun.

salam dokter yang baik. saya ingin bertanya apakah bila seseorang pekerjaannya berat tetap harus olahraga, jika iya jenis olahraga seperti apa yang cocok untuk pekerja kasar.? sekian pertanyaan saya, terima kasih. wassalam.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pekerjaan apa yang anda maksud dengan pekerjaan kasar/berat? Gerakan apa saja yang banyak Anda lakukan?

Pekerjaan sehari-hari sebenarnya termasuk ke dalam kategori aktivitas fisik (physical activity), hal ini seringkali disebutkan dalam konteks yang sama dengan latihan fisik atau olahraga (exercise), padahal sebenarnya mereka adalah dua istilah yang mewakili sejumlah kegiatan yang berbeda.

Aktivitas fisik dijabarkan sebagai segala gerakan tubuh yang dihasilkan oleh kontraksi otot rangka dan menghasilkan kenaikan pengeluaran energi yang bermakna. Sedangkan latihan fisik atau olahraga (exercise) adalah sebuah subkategori dari aktivitas fisik yang dilakukan di waktu senggang dimana dilakukan gerakan-gerakan tubuh yang terencana, terstruktur, dan berulang/repetitif untuk meningkatkan atau mempertahankan salah satu atau seluruh komponen kebugaran fisik. Dari deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa latihan fisik atau olahraga merupakan bagian dari aktivitas fisik, tetapi merupakan dua hal yang berbeda, baik secara definisi dan manfaat.

Kegiatan saat Bekerja biasanya tidak repetitif, sehingga sayangnya manfaat terhadap kesehatan tidak sama dengan olahraga terstruktur. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap meluangkan waktu untuk dapat berolahraga.

Menurut American College of Sports Medicine, seseorang dikatakan aktif dan mendapatkan manfaat bagi kesehatannya apabila melakukan olahraga aerobik selama minimal 150 menit selama seminggu. Jumlah ini dapat dicapai dengan melakukan olahraga selama 30 menit minimal 5 hari.

Ada banyak variasi latihan fisik atau olahraga yang dapat Anda lakukan, misalnya olahraga kardio (berlari, sepeda, berenang) ataupun olahraga untuk pembentukan massa otot seperti yang dilakukan di tempat gym atau pusat kebugaran.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar