Sukses

Mengatasi Stretch Mark dan Varises

03 Mar 2015, 14:17 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, bagaimana cara menghilangkan strech mark dan varises? adakah obat yang alami?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab satu-persatu pertanyaan Anda.

1. Stretch mark

Stretch mark terjadi karena peregangan kulit yang berlebihan dalam waktu singkat seperti pada kehamilan, pada peningkatan atau penurunan berat badan yang terlalu cepat, atau akibat pemakainan obat steroid sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Munculnya stretch mark dipengaruhi oleh genetik atau keturunan.

Usaha untuk menghilangkan stretch mark sangat sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya stretch mark terbentuk karena rusaknya elastisitas kulit, sehingga terbentuk garis-garis pada kulit. Karena secara anatomi kulit sudah mengalami kerusakan, maka stretch mark yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan 100%, namun hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim secara teratur disertai dengan melakukan tindakan-tindakan medis.

Beberapa pilihan terapi untuk stretch mark diantaranya:

  1. Krim tretinoin
    Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.
  2. Terapi Laser
    Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.
  3. Mikrodermabrasi
    Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk terapi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel mengenai stretchmark:

2. Varises

Varises merupakan pembuluh darah yang membesar, berkelok-kelok, dan berwarna kebiruan. Pengobatan varises perlu disesuaikan dengan derajat keparahannya, namun tidak ada obat oles (salep) yang efektif menghilangkan varises. Beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi varises diantaranya adalah :

  • Skleroterapi. Ke dalam pembuluh darah vena disuntikkan cairan yang akan menyebabkan jaringan parut dan menurup pembuluh darah tersebut.
  • Operasi dengan laser
  • Prosedur yang dibantu dengan kateter. Sebuah selang kecil dimasukkan ke dalam pembuluh darah dan ujungnya diberi panas. Ketika kateter dikeluarkan, panas tersebut akan "merusak" vena karena vena akan kolaps. Prosedur ini biasanya dilakukan pada varises vena yang lebih besar
  • Stripping vena. Vena yang panjang dikeluarkan melalui sayatan yang kecil. Mengeluarkan vena tersebut tidak akan mengganggu sirkulasi di dalam tungkai.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah agar varises tidak bertambah parah, diantaranya adalah :

  • Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, ubah posisi secara berkala (setiap 30 menit)
  • Hindari berada dalam posisi yang membatasi peredaran darah pada tungkai (seperti menyilangkan kaki ketika duduk)
  • Tinggikan posisi tungkai dan kaki ketika duduk
  • Berolahraga secara teratur, 3 x/minggu minimal selama 30 menit.
  • Menjaga berat badan dan diet. Makanan yang dimakan sebaiknya rendah garam dan tinggi serat, untuk mencegah pembengkakan karena retensi air dan konstipasi
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi. Menggunakan sepatu hak rendah membuat otot betis bekerja lebih keras, sehingga memperlancar aliran darah balik di daerah tersebut. Hindari juga penggunaan celana ketat
  • Untuk memperbaiki sirkulasi tungkai, beberapa kali dalam sehari istirahatkan tungkai dengan menaruhnya pada tumpukan bantal (3 - 4)
  • Menggunakan stoking kompresi. Stoking ini "meremas" tungkai sehingga membantu pembuluh darah tungkai dan otot betis dalam memperlancar aliran darah. Stoking yang digunakan harus pas atau sesuai dengan ukuran betis Ibu agar efektif. Stoking juga sebaiknya tidak terlalu ketat. Stoking ini dapat dibeli di apotek-apotek terdekat di rumah anda, walaupun tidak semua apotek menyediakan stoking ini.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah subspesialisasi bedah vaskuler (pembuluh darah) untuk mengevaluasi tingkat keparahan varises serta terapi yang sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai varises, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Varises.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar