Sukses

Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

03 Mar 2015, 14:23 WIB
Wanita, 23 tahun.

Kulit kepala sya berketombe, dan rmbt sya rontok? Ap yg bisa dilkukn terhadap kulit kpala sya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti infeksi/gangguan pada kulit kepala (jamur, bakteri, kutu), anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut, proses yang dilakukan pada rambut seperti pengecatan, pengeritingan, maupun pelurusan rambut.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti: 

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Berikut makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut :

  • Salmon

Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi. Asam lemak esensial juga bisa didapatkan pada alpukat.

  • Walnut

Walnut, semacam kacang kenari, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan kaya akan viotin serta vitamin E dan dapat menolong melindungi sel dari kerusakan DNA. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Oyster

Oyster kaya akan zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan kerontokan rambut serta kulit kepala yang kering dan berkerak. Sumber zinc lain adalah sereal yang sudah difortifikasi, roti, daging, dan telur.

  • Wortel

Wortel merupakan sumber antioksidan beta karoten yang baik. Beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Pada dasarnya, setiap sel dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa vitamin A.

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan kaya mineral seperti zinc, selenium, sulfur, dan besi. Kandungan zat besi juga banyak terdapat pada daging.

  • Bayam

Kandungan zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam menjaga folikel rambut sehat. Alternatif lain adalah sayuran seperti brokoli.

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan namun kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi faktor-faktor penyebab yang mendasari, agar Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan setelah rambut rontok. Dalam dunia kedokteran, ketombe dikenal sebagai dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik tidak hanya mengenai rambut, namun dapat juga mengenai area tubuh yang memiliki kadar sebum (minyak) tinggi lainnya seperti telinga, wajah, dada, dan lipatan kulit seperti ketiak.  

Seboroik yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung.

Seboroik merupakan suatu reaksi peradangan yang berkaitan dengan proliferasi kulit normal yang disebabkan oleh jamur Pityrosposrum ovale. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu:

Ketombe bukanlah penyakit menular dan akan menyebabkan kerontokan rambut jika tidak segera diobati.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya;

  • Shampo anti ketombe

Gunakan shampoo anti ketombe yang memiliki kandungan ketokonazol, selenium sulfida, zinc pyrithione, coal tar, asam salisilat, atau resorsin. Kulit kepala dikeramasi 2-3 kali seminggu selama minimal 1 bulan. Saat keramas, diiamkan dahulu selama minimal 5 menit, kemudian bilas.

  • Obat topikal (oles)

Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid 2,5%, krim ketokonazol 2%, atau krim pragmatar. Jika peradangan sangat berat dan sulit diobati dapat ditambah kortikosteroid atau ketokonazoloral.

  • Menghindari faktor pencetus

Dalam hal ini jika kulit kurang terjaga kebersihannya, maka sebaiknya mulai membiasakan untuk keramas dengan lebih rutin. Jika terbiasa menggunakan helm atau penutup kepala untuk berkendara atau beraktivitas, maka mulai harus memperhatikan juga kebersihan helm dan penutup kepala tersebut,

  • Konsultasi ke dokter

Jika ketombe Anda tidak hilang setelah beberapa minggu pengobatan, kulit kepala menjadi bengkak/kemerahan, rambut rontok, muncul ketombe di bagian tubuh lain, segera konsultasikan ke dokter. Anda mungkin membutuhkan resep shampo anti ketombe yang lebih kuat, obat anti jamut, atau krim kortikosteroid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar