Sukses

Tidur Mendengkur Saat Hamil

28 Oct 2015, 20:49 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat siang dok. dok saya sedang hamil usia 26minggu, hasil test urine menunjukan Urilobinogen, darah, keton dan jamur positif. Itu artinya apa dok dan apakah membahayakn untuk kandungan saya? selain itu tidur saya mendengkur. Mohon informasinya, karena saya sll merasa cemas. terima kasih siti

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Mengenai hasil pemeriksaan urin, sebaiknya langsung Anda diskusikan kepada dokter kandungan Anda agar dapat disesuaikan dengan keluhan/gejala yang membuat anda melakukan pemeriksaan tersebut.

Untuk keluhan mendengkur saat tidur, apakah hanya ketika Anda hamil atau terjadi juga diluar kehamilan?

Mendengkur dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling mendasar adalah adanya getaran  dari jaringan dan otot saluran pernapasan akibat tersumbatnya jalan napas selama tidur. Pada mereka dengan berat badan berlebih juga dapat terjadi sumbatan jalan napas yang dapat menjadi penyebab mendengkur dan juga dapat menyebabkan sumbatan jalan napas saat tidur atau dikenal dengan OSA (Obstructive Sleep Apnea).

Adapun sumbatan jalan napas dapat terjadi pada beberapa keadaan berikut:

  • Lemahnya otot di saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan menutup ketika tidur (karena merokok)

  • Gangguan posisi rahang yang dapat disebabkan oleh otot yang tegang

  • Obesitas yang menyebabkan deposit lemak di sekitar saluran napas dan leher yang pendek

  • Sumbatan mekanik di saluran napas, seperti amandel, kelenjar adenoid

Apabila keluhan sangat mengganggu, konsultasikan hal ini kepada dokter kandungan Anda agar dapat dicari penyebabnya, sehingga mengetahui pengobatan Apa yang dapat diberikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar