Sukses

KB Suntik 3 Bulan

06 Mar 2015, 15:13 WIB
Wanita, 26 tahun.

siang dok,,saia mau tanya,saya seorang ibu rumahtangga,dulu saya kb suntik 3 bln sekali,selama kb saya tidak mentrusasi,stelah saya berhenti kb,setahun kemudian sya bru mentrusasi dan tidak lancar,sekarang sering keluar lendir,kadang flek coklat kental,rasa nyeri pinggang,kira2 knp ya dok,dan apakah itu berbahaya trimakasih atas jawabannya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menghubungi layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan dan/atau pil pemberhenti mens sementara) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama. Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Bila Anda merasa terganggu dan tidak cocok menggunakan KB suntik hormonal Anda dapat beralih ke metode KB non hormonal seperti menggunakan kondom, coitus interuptus ( suami ejakulasi di luar vagina, menggunakan spiral (intrauterine device). Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter sebelum menentukanpilihan KB yang akan Anda gunakan.

Berikut kami lampirkan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Spiral : Cara Jitu Menghindari Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar