Sukses

Anak Demam dan Keluar Bintik Merah

28 Oct 2015, 20:52 WIB
Wanita, 1 tahun.

Anak saya demam setelah saya lab ternyata trombositnya 552000, di tubuhnya timbul bintik merah merata pada dada, punggung dan paha tapi setiap habis minum parasetamol (obat penurun panas) bintik tsb hilang namun muncul kembali saat panasnya muncul. sakit apa anak saya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Demam yang diikuti keluhan bintik merah pada kulit anak tidak selalu disebabkan olah penyakit campak. Berikut merupakan beberapa jenis penyakit yang mampu menimbulkan keluhan bintik-bintik merah pada kulit anak:

  1. Campak / Rubeola 
  2. Campak jerman / Rubella
  3. Roseola

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang akan menimbulkan keluhan awal menyerupai penyakit flu (seperti demam, batuk, pilek, dll) selama beberapa hari yang diikuti oleh munculnya ruam merah pada seluruh kulit anak. Adakah gejala lain yang dialami oleh anak Anda (batuk, pilek, mencret, keluar cairan dari telinga, gusi berdarah, dll)? Apakah ada nyeri perut? Gangguan nafsu makan? Mual? Muntah? 

Anak yang menderita penyakit campak dan roseola biasanya akan mengalami demam yang sangat tinggi, namun tidak demikian pada penderita campak jerman. Anak dengan campak jerman hanya mengalami demam ringan selama beberapa hari, atau bahkan tidak demam. 

Sangat sulit bagi kami untuk memastikan diagnosis kondisi anak Anda jika tanpa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang tambahan. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Untuk sementara perbanyak asupan air putih, nutrisi bergizi dan asupan sayur buah untuk meingkatkan daya tahan tubuh anak. 

Artikel yang perlu Anda simak untuk menambah informasi Anda terkait demam pada anak adalah sebagai berikut:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar