Sukses

Benjolan di Anus

03 Mar 2015, 12:14 WIB
Pria, 19 tahun.

saya mengalami benjolan di sekitar anus, tepatnya 2-3 cm disebelah kiri anus terasa nyeri dan tidak enak untuk aktifitas. tetapi setelah beberapa hari menghilang dan biasanya muncul tiba2. penyakit apakah itu ... apakah ada pengobatan alami ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu benjolan yang dimaksud. Pemeriksaan secara langsung penting dan diperlukan untuk memastikan diagnosis. 

Tetapi benjolan yang keluar dari dubur/anus biasanya adalah wasir. Hemorrhoid atau wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare). Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
Grade II     : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
Grade III    : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
Grade IV   : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral, tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, perbanyak minum air putih, dan mengurangi makanan pedas karena semakin Anda makan pedas dan timbul diare,keluhan wasir Anda akan semakin bertambah parah.

Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV yang memberikan gejala yang mengganggu serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya.  Hemorrhoid interna grade III yang tidak terlalu berat dan tidak memberikan gejala yang terlalu mengganggu dapat diatasi dengan penanganan non bedah seperti rubber band ligation (wasir diikat di bagian dasar untuk menghentikan aliran darah ke daerah wasir) atau coagulation (menggunakan infra merah untuk menghentikan aliran darah ke daerah wasir). Suntikan skleroterapi (suntikan untuk varises) biasanya dianjurkan untuk hemorrhoid grade I dan II.

Beberapa pencegahan hemorrhoid yang dapat Anda lakukan:

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari

  • Olahraga

  • Mengurangi mengedan

  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)

  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.

  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.

  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah untuk memastikan benjolan yang dimaksud. Sehingga diagnosis dapat ditegakkan dan dapat direncanakan penanganan selanjutnya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar