Sukses

Keputihan, Nyeri BAK, Apakah Herpes?

03 Mar 2015, 09:34 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok sy mau tnya . 2th lalu sy prnah brhubungan dgn pcar sya. stelah bbrpa kli brhubungan suatu hr sya mrasakan skit skali d bgian dlam vagina saya. tiap pipis perih dan sya kputihan. stelah 2hr bdan sya pnas dan meriang. sya llu k dok klamin dan stelah d priksa ktanya dlm vgina sy ad yg lcet sy dberi obt  poviral acyclovir. stelah sy liat" d web trnyata itu obt untuk pnyakit hrpes. apa scepat itu sy trtular hrpes dok ? stelah sminggu smbuh mncul sperti bnjolan d bgian bwah vgina sya, tdak skit , tdak berair . llu sy ke dok lagi dan bnjolan d olesi obat cair (tdk tau namanya). smpai skrg tdak ada kmbuh lg dok. nmun sy kdang kputihan  agak bnyak, brwrna kuning dan bau asam. say cba cek lab dan hsil : bahan : sekret vagina epithelial +2, leukosit +1, btng bsar grm positif +2, btng bngkok grm ngatif (tdk dtemukan), btang kcil gram vriabel (tdk dtemukan), diplococcus (tdk dtemukan). cndida : tdk dtemukan, tricomonas : tdk dtemukan . saran : hsil pmbacaan gram brdasarkan skala nugent mnnjukan flora normal vgina dlm btas normal. ap sy trkena herpes y dok ? apa hrpes bsa smbuh total ? atau brulang kmbuh ? bgaimana dgn hsil lab sy. skrg sy akan mnikah nmun dgn pcar sy yg bru . apkah mngkin dy akan trtular dok ? trims.. maaf pnjang dok..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Herpes Simpleks Virus (HSV)  ada dua macam, meski keduanya dapat saling berhubungan, yaitu tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut dan tipe 2 yang bermanifestasi di genital (alat kelamin). Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di syaraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi.

Faktor yang mempengaruhi kekambuhan biasanya adalah kelelahan fisik dan stress mental, atau infeksi lainnya. Hubungan seksual berganti-ganti pasangan meningkatkan kemungkinan terkena. 

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, belum dapat disimpulkan Anda mengalami herpes. Pada gejala fisik yang Anda sebutkan juga tidak spesifik untuk herpes. Pada umumnya virus herpes simpeks yang aktif akan menimbulkan gejala kulit. Untuk memastikan apakah terdapat virus aktif atau tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan IgM Anti HSV1/2. 

Apabila Anda ingin berhubungan intim atau melakukan aktivitas seksual lainnya dengan pasangan, dipastikan tidak dalam keadaan sakit, tidak ada kelainan kulit dan dapat dipastikan dengan IgM anti HSV 1/2 negatif untuk menghindari penularan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar