Sukses

Belum Haid Selama 3 Bulan

03 Mar 2015, 16:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok. Mau tanya soal kehamilan dok, apakah kemungkinan untuk hamil selepas kb suntik yang sebulan dalam waktu berkumpul dengan suami hanya 3 minggu saja dan selepas itu tidak kumpul maupun suntik lagi. Tapi sampai sekarang saya belum ada tanda" haid padahal sudah jalan hampir 3 bulan. Apa ada kemungkinan hamil dokter. Mohon penjelasannya ya dok saya ucapkan terima kasih.

Terima kasih telah menghubungi layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama. Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Keluhan yang Anda alami saat ini bisa berkaitan dengan efek samping gangguan haid akibat penggunaan KB Suntik atau memang Anda hamil. Untuk dapat memastikannya kami sarankan Anda melakukan test pack. 

 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih
  •  pembesaran dan nyeri payudara
  •  mual
  •  perasaan lelah
  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan saat ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal bila diperlukan.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar