Sukses

Cairan Vagina Setelah Berhubungan

03 Mar 2015, 16:15 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya baru saja melahirkan caesar 10 des lalu, dan skrg saya belum mens..kmarin saya berhubungan dg suami.sehari kmudian keluar lendir bening dari miss v, itu tanda ap? Apakah berhubungan stlh melahirkan saat belum mens,bisa hamil lg?

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir. Karena seperti halnya pria, saat terangsang seorang perempuan juga akan mengeluarkan cairan dari kemaluannya. Cairan ini normalnya berwarna bening, kental, agak lengket, yang berfungsi sebagai pelumas untuk memudahkan penetrasi. Semakin terangsang seorang perempuan, jumlah cairan vagina yang keluar akan semakin banyak. Selama cairan tersebut berwarna bening dan tidak menimbulkan keluhan. Bagaimanapun, apabila cairan vagina mulai berubah warna dan berbau, terlebih apabila disertai keluhan buang air kecil dan nyeri perut bawah, segeralah periksakan diri Anda ke dokter umum atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Cairan vagina yang patologis umumnya disebabkan oleh infeksi sehingga diperlukan terapi secara optimal.

Apakah ibu menyusui ASI ? jika iya, belum menstruasi kembali setelah melahirkan wajar terjadi karena perubahan hormonal di tubuh ibu yang menyusui. Hormon prolaktin akan menekan estrogen dan menghambat terjadinya menstruasi pada ibu menyusui.

Karena itulah maka menyusui atau pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu metode kontrasepsi alami. Siklus menstruasi akan kembali normal 6 bulan - 2 tahun setelah melahirkan atau setelah perlahan-lahan ASI sudah mulai dikurangi. Jika Anda belum menstruasi kembali maka resiko kehamilan sangat kecil. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar