Sukses

Makanan untuk Kulit Sehat

02 Mar 2015, 20:43 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok..saya penderita kurap dan sekarang sedang dlm proses penyembuhan..yg saya tanyakan adalah makanan apa yang tidak boleh di konsumsi penderita kurap?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Penderita kurap atau infeksi jamur dermatofita tidak perlu secara khusus memakan atau menghindari jenis makanan tertentu. Anda bebas makan makanan apapun yang sehat dan bergizi jika Anda tidak memiliki alergi makanan apapun.

Berikut kami berikan contoh yang makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit secara umum :

1.  Air Putih

Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah.

Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?)

2. Selenium

Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit.

Sumber selenium yang baik adalah:

  • kacang-kacangan
  • jamur
  • udang
  • kambing
  • ikan
  • semangka
  • tiram
  • bawang putih
  • bayam
  • brokoli

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

CoQ10 merupakan anti-oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun produksi CoQ10 ini berkurang dengan bertambahnya usia.  CoQ10 melindungi kulit dan sel tubuh lainnya dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. CoQ10 juga memliki peran penting dalam produksi energi dan fungsi dari sel. Makanan yang tinggi akan kandungan ini adalah ikan (salmon dan tuna), daging dan biji-bijian.

4. Antioksidan

Antioksidan dapat mencegah atau memperlambat kerusakan kulit dan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah pemicu proses penuaan dini. Dimana ditandai dengan kondisi munculnya keriput sebelum waktunya. Atau kondisi kulit kering yang menjadikan kulit menjadi lebih kusam dan terlihat kasar. Bahkan radikal bebas lebih kronis akan mencetuskan kondisi kanker pada tubuh. Penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun pada prinsipnya bisa diperlambat. Caranya? Radikal bebas dapat dihambat dengan zat antioksidan. Antioksidan dapat ditemukan dalam sejumlah makanan terutama buah dan sayur yang bewarna seperti tomat, bayam, kentang, dan berries.

5. Vitamin A

Mau menghilangkan kulit kering? Segera konsumsi jeruk dan wortel. Jenis sayur dan buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Vtiamin A yang digunakan di kulit pun dapat mebantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput.

Vitamin A merupakan vitamin antioksidan yang larut dalam minyak dan penting bagi penglihatan dan pertumbuhan tulang. Beberapa sumber vitamin A lagi seperti telur, sayuran hijau dan susu rendah lemak.

Sumber vitamin A:

  • Sayuran berwarna hijau dan kuning
  • Hati
  • buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain)
  • Susu
  • Ikan.

6. Vitamin C

Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Vitamin C membantu mencegah efek dari radikal bebas yang dapat meneghilangkan kandungan kolagen dan elastin. Beberapa sumber penting vitamin C adalah buah-buahan seperti papaya, kiwi, dan brokoli.

Jika Anda terpikir untuk meminum suplemen vitamin C dalam dosis tinggi yang marak di pasaran untuk asupan harian, urungkanlah. Asupan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi dari yang makanan keseharian Anda.  Karena vitamin C yang Anda minum/makan dari produk vitamin C dosis tinggi hanya akan terbuang membuatnya sia-sia dan buang-buang uang.

7. Vitamin E

Vitamin E merupakan anti-oksidant lain yang juga berfungsi mencegah kerusakan kulit akbiat sinar matahari. Vitamin E juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas. Sumber vitamin E yang tinggi dapat ditemukan di asparagus, bayam, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar