Sukses

Karotenosis

02 Mar 2015, 16:02 WIB
Wanita, 27 tahun.

Bolehkah bayi makan wortel setiap hari dok? Ada yang bilang kalo bayi makan wortel tiap hari akan penyakit kuning,benar gak dok? Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Warna kulit dapat berubah dengan adanya perubahan kandungan pigmen. Perubahan kandungan pigmen dapat diakibatkan antara lain oleh bertambahnya pigmen, pigmentasi karena penyakit lain, deposit pigmen karena adanya logam dan obat.

Terlalu banyak konsumsi wortel dapat menyebabkan kekuningan pada kulit. Namun, yang perlu dijelaskan disini penyakit kuning yang dimaksud berbeda dengan penyakit kuning yang disebabkan oleh kelainan hati/empedu seperti hepatitis, sirosis hepatis, kanker hati,dan  batu empedu.

Wortel mengandung substansi yang disebut dengan karoten. Terlalu banyak mengkonsumsi wortel dapat menyebabkan karotenosis. Karotenosis adalah warna kuning yang terdapat pada kulit telapak kaki dan telapak tangan,pada daerah sekitar hidung. Selain wortel, karoten terdapat pada jeruk, bayam, jagung , mentega, telur, ubi, dan pepaya. Terapinya adalah dengan membatasi makanan yang mengandung karoten.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar