Sukses

Perut Engap

02 Mar 2015, 15:22 WIB
Wanita, 24 tahun.

siang dok.. Mau bertany Kenapa ya perut saya sering sekali terasa engap sehingga utk memasukkan makananpun terasa enek? Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna yang terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit radang lambung / gastritis (kelebihan asam lambung yang mengiritasi permukaan dinding lambung) atau ulkus lambung (timbulnya luka pada dinding lambung akibat asam lambung berlebih).

  • Tidak merokok

  • Hindari stres

  • Pasien yang dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. 

  • Hindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung seperti alkohol, kopi, cokelat, asam, makanan berlemak atau pedas.

  • Hindari pakaian ketat terutama di sekitar perut.

  • Hindari penggunaan obat-obat yang dapat meningkatkan risiko, seperti obat-obat antinyeri/NSAID (ibuprofen, asam mefenamat, dll), nitrat, antikolinergik, antidepresan trisiklik.

Terapinya adalah dengan obat yang dapat menetralkan asam lambung atau dengan mengurangi produksi asam, seperti Antasid, Alginates (alternatif untuk Antasid), PPIs (omeprazole, lansoprazole) dan pada kasus yang berat dapat memerlukan tindakan operasi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar