Sukses

Apakah Mata Minus Bisa Melahirkan Normal?

02 Mar 2015, 14:41 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok apa benar wanita yang matanya minus diatas 4. Gak bisa melahirkan secara normal? Dan haruskah melakukan operasi caesar? Mengapa dan apa hubungannya? Terimakasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Mengenai kelainan refraksi pada mata khususnya mata minus, sebenarnya tidak ada batasan secara tegas pada minus berapa masih dibolehkan melahirkan normal artinya resiko komplikasi pada mata tidak ada jika melahirkan normal. 

Tetapi umumnya dipakai batasan minus 5 atau lebih, sebaiknya dilakukan seksio sesaria atau melahirkan dengan bantuan alat. Sedangkan dibawah minus 5 masih cukup aman untuk melahirkan normal. Hal ini dengan pertimbangan adanya resiko terjadi ablasio retina (lepasnya retina yg dapat menyebabkan kebutaan) lebih besar pada kondisi mata minus 5 atau lebih, sehingga banyak dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang sangat berhati-hati mempertimbangkan keamanan melakukan persalinan normal pada ibu hamil dengan kondisi tersebut.

Namun ada beberapa penelitian baru yang menyebutkan bahwa  mata dengan minus mata -4,5 hingga - 15 masih dapat melahirkan secara normal dan tidak timbul komplikasi selama kehamilan. Namun  sebelum memutuskan cara persalinan normal, kami sarankan Anda agar memeriksakan retina Anda terlebih dahulu kepada dokter spesialis mata. Jika tidak ada kontraindikasi dari dokter kandungan dan dokter mata Anda, dapat dapat melahirkan secara normal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar