Sukses

Gatal Pada Bekas Luka

11 Mar 2015, 10:31 WIB
Pria, 17 tahun.

Assalamualikum dok, saya agusman, asal saya dari medan, saya ingin bertanya ni dok. kan setahun yg lalu saya kecelakaan, lutut saya robek sampai terlihat tempurung lututnya, setelah sembuh kok jika terlalu lama berdiri, bekas luka saya itu menjadi gatal ya dok, contoh pada saat upacara misalnya. terimakasih dok , saya tunggu balasannya

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam saya untuk buah hati Ibu. Apakah pada tempat bekas luka operasi terdapat bekas luka menimbul? Bekas luka yang terasa gatal dapat disebabkan karena rangsang gatal yang terpicu oleh proses penyembuhan luka. Untuk bekas luka yang sudah cukup lama, dalam kasus Ibu, kemungkinan hal ini berkaitan dengan pembentukan keloid (jaringan bekas luka yang menimbul) atau dermatitis (peradangan kulit) di daerah sekitar bekas luka. Hal ini perlu dikonfirmasi oleh dokter dengan pemeriksaan fisik.

Keluhan rasa gatal pada daerah bekas luka operasi memang merupakan keluhan yang sering timbul. Bila tanpa penyebab yang jelas, maka disimpulkan bahwa rasa gatal ini berkaitan dengan proses penyembuhan yang terjadi di sekitar jaringan luka.

Apa yang Ibu lakukan dengan tidak menggaruknya sudah benar. Untuk mengurangi rasa gatal, Ibu dapat mengompres daerah luka dengan handuk hangat atau menggunakan bedak dingin atau bedak cair. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar