Sukses

Menangis dan Muntah

11 Mar 2015, 10:19 WIB
Wanita, 3 tahun.

Dokter, sesuai data di atas, anak saya sering muntah jika menangis (kalo pas nangisnnya kencang). Saya harus bagaimana, dan kondisi tersebut menandakan apa, juga bisa di kasih tau alur/proses menangis tersebut kok sampai bisa muntah. Terima kasih.

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Batuk merupakan salah satu keluhan tersering yang dialami anak. Batuk juga dapat menandakan adanya suatu penyakit tertentu, baik yang bersifat ringan ataupun berat. Secara umum, batuk  merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Sama halnya saat seorang anak menangis, maka batuk terjadi untuk mencegah aspirasi/masuknya cairan liur ke saluran nafas. Batuk saat menangis sering kali menyebabkan anak muntah karena batuk yang keras memicu gag refleks dan tekanan pada daerah perut.

Jika batuk tidak disertai dengan gejala lain seperti demam, pilek, nyeri tenggorokan dan lain-lain serta tidak terjadi berkepanjangan maka anda tidak perlu khawatir. Sebaliknya, jika batuk disertai gejala penyerta lain, berlangsung lama dan semakin berat maka konsultasikanlah dengan dokter spesialis anak Anda agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut penyebab batuk pada anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar