Sukses

Saraf Leher Terjepit

03 Mar 2015, 09:35 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok Saya mau tanya, ibu Saya (45 thun) menderita sakit pada bahu leher yang dirasakan seperti pegal disertai rasa sakit hampir di setiap malam hingga mengganggu tidurnya semalaman, dan mangalami kesemutan di bagian tangan serta telapak tangan seperti mati rasa, segala pengobatan sudah ibu Saya tempuh mulai dari periksa ke dokter dan dikasih obat, terapi tradisional, dll. Namun belum ada hasil, saat ini ketika mengalami sakit Ibu Saya hanya menggunakan balsem untuk mengurangi rasa nyeri nya, Mohon konsultasinya dari dokter untuk kesembuhan Ibu Saya serta saran dan pengobatannya. Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang Anda maksud adalah terasa nyeri/kesemutan tengkuk dan bahu pada satu sisi yang menjalar ke lengan, yang disertai dengan kelemahan dan baal lengan yang bersangkutan? Jika ya, kemungkinan ibu Anda mengalami gejala penyempitan saraf di bagian leher / HNP (Hernia Nucleus Pulposus).

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri  karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, latihan atau olah raga terlalu berat, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang.

Nyeri/kesemutan dapat dirasakan makin memberat. Untuk memastikan keluhan ibu Anda tersebut, kami sarankan agar ibu Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (MRI tulang belakang) untuk memastikan diagnosis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar