Sukses

Gigi Belum Tumbuh dan Susah Makan

03 Mar 2015, 16:30 WIB
Wanita, 8 tahun.

Selamat pagi dok . Saya mau tanya, 1. Apakah normal diusia anak saya yang 8bulan tapi giginya belum tumbuh? Bagaimana cara menstimulasi agar cepat tumbuh gigi? 2. Anak saya itu susah sekali makan, bgaimana cara agar nafsu mkan anak saya meningkat shingga berat badannya tdak curing Mohon penjelasannya Terimakasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Secara teori gigi susu pada balita akan mulai tumbuh pada usia 6 bulan dan lengkap pada usia 3 tahun, namun gigi susu pertama dapat tumbuh kapan saja pada rentang waktu 3-12 bulan. Kemuculan gigi-gigi tersebut mempunyai waktunya masing-masing dan urutan dari kemunculannya tersebut tidak tergantung dari urutan berdasarkan susunannya dalam mulut.

Keadaan yang anak Anda alami ini dapat diperiksakan ke dokter gigi spesialis anak guna memastikan perkembangan dan kesehatan rongga mulutnya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah walaupun gigi anak belum tumbuh tetaplah menjaga kebersihan rongga mulutnya tersebut yang dapat dilakukan dengan menggunakan kain kasa bersih.

Proses munculnya gigi pertama tidaklah selalu mulus, sering timbul rasa tidak nyaman yang membuat anak menjadi rewel. Gejala gigi anak Anda akan tumbuh antara lain :

  • Jika disentuh gusinya terlihat agak bengkak dan terasa seperti ada benda keras di dalamnya
  • Anak Anda akan mengeluarkan liur yang cukup banyak kadang menetes keluar, tidak seperti biasanya
  • Anak Anda senang menggigit untuk mengurangi rasa tidak nyaman
  • Kadang rasa tidak nyaman dapat menyebabkan kesulitan tidur, rewel, gelisah
  • Pada beberapa anak dapat menyebabkan menolak makan karena makan membuat gusinya sakit

Perihal anak Anda yang tidak mau makan, harus dicaritahu lebih lanjut penyebabnya. Apakah menu makanan kurang disukai, apakah anak bosan dengan menu yang disajikan, apakah porsi makanan yang diberikan terlalu banyak, apakah terdapat pemecah konsentrasi makan saat dia akan makan seperti televisi atau mainan, apakah akan tumbuh gigi, apakah terlalu banyak konsumsi susu, dsb.  

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Gigi Susu (5 Juli 2010)

Nge-Dot Pada Anak Sebabkan Gigi Rusak

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar