Sukses

Gatal-gatal Dibelakang Lutut

02 Mar 2015, 13:43 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamualaikum dokter, saya menderita gatal-gatal di bagian kulit persis di bawah lutut, di bagian paha juga. sepertinya lama sekali pulih. kenapa dokter ya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah gatal-gatal ini sering berulang? Bila gatal-gatal tersebut telah ada semenjak Anda kecil, kemungkinan eksim yang Anda maksud adalah dermatitis atopik (ditandai dengan lokasi eksim di lipatan siku, leher, belakang lutut).

Walau dermatitis atopik telah banyak dipelajari dan dikatakan berhubungan dengan sistem imun, belum ada pengobatan yang pasti dan berkesinambungan. Hasil pengobatan DA pada beberapa pasien pun masih belum memuaskan. Penatalaksanaan DA terutama ditujukan untuk mengurangi kekambuhan sehingga dapat mengatasi penyakit dalam jangka waktu lama dan mengubah perjalanan penyakit, serta ditekankan pada kontrol jangka waktu lama.

Perlu diketahui juga, dermatitis atopik tidak menular dan tidak memengaruhi kesehatan tubuh pada umumnya. Meski demikian, beberapa keadaan dapat memperburuk dermatitis atopik yakni:

  • Stres emosional

  • Perubahan suhu atau kelembapan udara

  • Infeksi kulit oleh bakteri

  • Jenis makanan tertentu

  • Kontak dengan bahan pakaian yang bersifat iritan (terutama wol)

Adakah kaitannya dengan makanan? Dengan mengenai faktor pencetus ini Anda dapat mencegah terulangnya kejadian tersebut.

Untuk mengobati eksim yang telah ada saat ini dapat digunakan salep kortikosteroid. Bagian kulit yang sangat kering harus dijaga kelembabannya menggunakan pelembab (usahakan pelembab alami yang tidak banyak campuran bahan kimia, pengawet, pewangi, dll). Hindari penggunaan sabun yang bersifat antiseptik karena sifatnya sabun ini menyebabkan kulit lebih kering, dan Anda dapat merasakan gatal yang menghebat bila kulit Anda kering. 

Kami tetap menyarankan Anda melakukan pengobatan ke dokter spesialis kulit karena bisa saja diagnosis yang berbeda akan muncul karena seharusnya kelainan kulit diperiksa secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar