Sukses

Benjolan Setelah Menindik Telinga

02 Mar 2015, 16:23 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok sya mau tany, d daun telinga sya ad tumbh daging kcil yg smkin bsar.. Asal mulany dlu sya pki menindik telinga trs blm kering sya cabut, hsil ny tumbh benjolan yg smkin ksni smkin membsar, ap ni gjla kanker? Gmna cra mngtasiny?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Kemungkinan keluhan yang Anda alami adalah keloid. Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu. Keloid tumbuh melebihi garis luka pada kulit dan biasanya timbul setelah 3 bulan bahkan sampai tahunan setelah terbentuknya luka.

Keloid merupakan masalah kulit yang paling pelik dan seringkali membuat dokter maupun pasien frustasi. Ini disebabkan karena keloid merupakan kelainan yang sering kambuh kembali meskipun telah berhasil dihilangkan.

Penanganan keloid harus disesuaikan dengan ukuran keloid itu sendiri. Keloid yang berukuran kecil biasanya cukup ditangani dengan krioterapi (bedah beku). Keloid yang berukuran sedang biasanya cukup efektif ditangani dengan suntikan kortikosteroid. Penanganan dengan operasi dikombinasi dengan suntikan kortikosteroid atau terapi lain nampaknya merupakan pilihan terbaik saat ini untuk menangani keloid yang berukuran cukup besar atau yang kambuh dan sulit diatasi.

Untuk penanganan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar