Sukses

Dermatitis Kontak Karena Detergen

02 Mar 2015, 08:27 WIB
Pria, 19 tahun.

telapak tangan kanan dan telapak kaki saya kering dan bersisik dok, hipotesa saya ini alergi detergen, saya belum pernah konsultasi ke dokter. Apa benar ini alergi detergen? jika iya krim (salep) yang cocok dan terjangkau apa ya? selama ini saya hanya pakai nisagon dan tidak terlalu efektif.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah kulit kering dan pecah setelah terkena deterjen yang kemungkinan berkaitan dengan dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar atau perih.

Gejala ini dapat bertahan sampai berminggu-minggu jika tidak diobati. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu). Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer). Jadi dalam hal ini Anda harus menghindari kontak langsung dengan deterjen, bisa dengan menggunakan sarung tangan jika terpaksa harus berkontak langsung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar